Marketing Mobile untuk Bisnis Kecil

Shakes

Marketing Mobile atau penggunaan pola pemasaran melalui smartphone maupun gadget, semakin hari semakin dibutuhkan. Bagaimana tidak, bila seseorang sedang dalam perjalanan dalam mobil kecil atau mungkin Bus bahkan Transjakarta atau menunggu menghabiskan waktu maka mereka lebih memilih untuk menggunakan gadget atau smartphone-nya dalam melakukan kegiatan.

Memainkan smartphone untuk melakukan pencarian, membuka situs bahkan bermain-main dengan beberapa aplikasi atau situs. Smartphone menjadi bidang permainan baru yang menyenangkan. Dan rata-rata aktivitas yang dilakukan adalah mencari tempat belanja, lokasi bisnis, restoran, hotel atau toko-toko yang diinginkan. Dan semua dilakukan dalam satu bidang layar kecil ditangan.

Dari data studi yang dilakukan Google, 84% pencarian dilakukan melalui aktifitas mobile. Silahkan download disini untuk melihat Grafik dari Google.

Apa artinya bagi bisnis kecil?

Saatnya untuk mengalihkan prioritas dalam melakukan pemasaran. Marketing mobile sudah layak untuk masuk ke dalam strategi bisnis dan pemasaran, berikut dengan teknologi iklan baik melalui iklan pencarian maupun iklan gambar atau video.

Marketing Mobile untuk Bisnis Kecil

1. Pengoptimalan situs bisnis melalui Smartphone/Gadget
Layar smartphone atau pun tablet memiliki lebar dan resolusi yang lebih kecil dibanding website bisnis kecil kita. Jika pelanggan atau calon pelanggan tidak dapat membaca situs bisnis kita dalam smartphone maupun tablet atau gadget, maka calon pelanggan akan menggeser pencariannya ke situs yang sudah mobile friendly.

Berikut ini beberapa tips untuk membuat website kita menjadi situs yang mobile friendly dan bisa menjadi alat marketing mobile:
• Keep it clean dan hindari animasi yang menggunakan flash, karena tidak bisa berfungsi dengan baik dalam platform mobile.
• Jika mungkin, hindari menu dropdown karena pengguna sering kesulitan bila menggunakan smartphone layar kecil.
• Meningkatkan ukuran font ke 14 dan spasi baris menjadi 1,5 untuk layar kecil agar mudah dibaca.
• Tempatkan informasi yang penting bagi pengguna ponsel, seperti alamat dan tombol klik untuk memanggil nomor telepon, di dekat bagian atas halaman.

2. Membuat Bisnis Mudah Ditemukan
Kunci untuk mendapatkan manfaat dari marketing mobile adalah memastikan bahwa ketika seseorang mencari produk atau layanan, mereka akan menemukan bisnis kita. Itu berarti bisnis kita perlu untuk mudah ditemukan. Selain mengoptimalkan situs, hendaknya:
• Membuat pemetaaan situs (site map) dengan arah-arah yang jelas dan mudah ditemukan.
• Pastikan bisnis kita mudah ditemukan di media sosial dengan daftar alamat dan nomor telepon pada halaman Facebook, Twitter dan mungkin di Google Places, yang dapat ditautkan ke akun Google+.
• Mengalokasikan anggaran untuk publikasi atau iklan pencarian mobile, yang terpisah dari situs. Seperti; Iklan Mobile melalui Google, Facebook dan Twitter atau Linkedin.

Salam

2 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *