Mendekati Konsumen Melalui Mobile

E -commerce bukanlah hal baru. Apa yang baru? Yang baru adalah jumlah pengakses internet meningkat sangat tinggi. Akses internet broadband naik secara signifikan (lihat gambar 1) dari tahun ke tahun. Selain terbukanya tawaran-tawaran dari penyedia layanan internet yang murah sehingga menaikkan pengguna internet, mulai terbukanya wawasan orang dalam penggunaan teknologi internet secara lebih benar, juga mendukung meningkatnya pengguna internet. Perubahan-perubahan pun terjadi, seperti cara berbelanja.

Grafik Pengguna Internet

Grafik Pengguna Internet, Gambar 1

Perkembangan teknologi perangkat mobile smartphone pun ikut naik begitu pesat. Aktifitas belanja pun perlahan berubah dan bergeser, dari yang dulunya harus selalu siap sedia menunggu pembeli, di masa sekarang membeli sebuah produk bisa kapan saja dan dimana saja. Dan hanya berawal dari jentikan jari yang melakukan tapping di smartphone.

Pembeli maupun calon pembeli semakin mencari berbagai layanan dengan basis online. Mereka mencari kemudahan yang bisa didapatkan untuk memenuhi kebutuhan keseharian mereka. Bahkan untuk sekedar cetak kartunama atau cetak foto. Kebutuhan-kebutuhan ini mendorong terciptanya layanan baru dan teknologi pun ikut berkembang. Penjualan ritel melalui online pada tahun 2013 ini diperkirakan akan mencapai USD $ 262.000.000.000 dan $ 370.000.000.000 pada 2017.

Melihat realitas di atas, pengusaha harus berani mengambil peran yang lebih aktif untuk masuk ke dalam habit (kebiasaan) pelanggan tersebut. Cara efektif untuk masuk ke dalam perputaran gaya hidup baru pelanggan adalah dengan membuat strategi multi-channel, memenuhi kebutuhan pelanggan mereka secara lebih spesifik, menyediakan konten di smartphone dan mendorong pembeli agar melakukan pembelian.

Apapun Bisnis Anda;

Perlu untuk segera masuk ke dalam lingkaran teknologi yang mudah ketemu – mudah akses – mudah pakai. Buat situs web Anda mudah ditemukan oleh pengguna, seperti denganmengiklankan situs dan produk secara online maupun offline. Buatlah situs web Anda menjadi lebih mudah di akses, baik dengan membuat situs web menjadi responsive(menyesuaikan layar smartphone) maupun menjadikan situs web Anda tersambung dengan Mobile Apps yang ada di Smartphone. Anda bisa membuatnya secara native maupun membeli plugin yang sesuai dengan kebutuhan.

Dan Anda perlu untuk memastikan situs web maupun Aplikasi Anda di smartphone mudah untuk dipakai, atau biasa disebut dengan istilah kerennya User Friendly. Susunan menu, image, color dan semua aspek User Interface hendaknya benar-benar diperhatikan. Ini penting, mengapa? Karena pengguna situs maupun aplikasi Anda tidak menyukai hal-hal yang rumit. Internet juga telah merubah cara berpikir pengguna menjadi “mudah berpindah”.

Dengan membuat situs dan aplikasi smartphone untuk bisnis Anda, maka Anda sudah mendekati konsumen dan menjadikan jarak Anda dan konsumen hanya 30 cm.

Salam Sukses.

0 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *