Tips Iklan di Facebook

Bagi Anda yang baru memulai untuk beriklan atau memasarkan produk di Facebook, dan menjadikan Facebook sebagai salah satu tool marketing, maka harus bisa mengenali dengan baik apa saja yang akan Anda kerjakan untuk memulainya. Berikut ini 5 tips iklan di Facebook:

  •     Segmentasi
  •     Optimasi Iklan
  •     Jadwal Kampanye
  •     Mengelola Anggaran
  •     Melacak hasil

1. Segmentasi – Siapakah target Anda?

Ini berlaku untuk semua bentuk iklan, tidak hanya terbatas di dunia online atau facebook semata. Menyesuaikan dengan target pelanggan itu sudah pasti. Menggapai orang-orang yang sesuai dan tertarik dengan Produk kita. Kemudian menceritakan kisah Anda, buatlah cerita yang membuat target masuk ke dalam. Dengan segmentasi, kesempatan untuk mencapai populasi pengunjung dan target akan menjadi lebih efektif.

Penargetan segmen sangat bergantung pada informasi yang detail dan juga akurasi yang sudah Anda terima. Buatlah kampanye pemasaran kita menjadi lebih “relevan” ketika dilihat orang. Sudah tentu, ini berdasarkan dengan demografi, jenis kelamin, minat dan beberapa parameter lainnya.

Ada baiknya bila dilakukan uji coba dengan membuat beberapa iklan untuk mendapatkan respon hasil maksimal dalam membuat respon kepada target pasar.

2. Optimalkan Iklan – Short story telling

Memperbanyak target sebanyak-banyaknya bukanlah hal yang bijak, akan lebih baik apabila Anda membuat sebuah cerita yang menarik dan “memaksa” orang untuk melakukan klik pada iklan Anda.

Berapa banyak iklan yang membombardir keseharian kita? Baik di majalah, koran, TV atau web? Berapa banyak yang satu bidang/produk? Dan coba pikirkan, berapa banyak yang “sanggup” membuat orang berpikir untuk membeli?

Susun daftar demografi dengan baik, karena ini salah satu aspek terpenting untuk membuat orang menjadi klik dan beli. Frame sederhananya adalah, Judul, Tubuh teks (isi) dan Gambar. Buatlah semenarik mungkin.

Pedoman dasar untuk pembuatan:
A. Selalu:
– Gunakan tata bahasa yang benar dan tanda baca.
– Gunakan gambar yang mewakili produk Anda dan menarik perhatian.
– Katakan kebenaran.
B. Hendaknya:
– Tidak menggunakan semua huruf dengan huruf kecil atau huruf besar semua.
– Tidak menggunakan terlalu banyak foto, buatlah dengan custom untuk iklan ini.
C. Cobalah Untuk:
– Memiliki “ajakan untuk bertindak” dalam teks.
– Ada pertanyaan/mengajak bicara dengan emosi, bila ajakan untuk bertindak tidak bekerja.
– Melihat pesaing dan berpikirlah diluar mereka.

3. Jadwal Kampanye

Banyak fakta terjadi, di akhir pekan dan di hari kerja, menunjukkan hasil yang berbeda. Juga periode waktu menampilkan iklan juga memberikan dampak yang besar pada kampanye anda.

Tidak semua jam bisa menjadi sama hasilnya. Cobalah untuk menyelidiki dan melakukan uji coba dengan menjalankan iklan di waktu/hari yang berbeda-beda. Lakukan riset tersebut dengan baik dan lakukanlah identifikasi segera disesuaikan dengan kebutuhan yang memang ingin dicapai.

4. Mengelola Anggaran

Facebook memberi kesempatan kepada pengiklan untuk mengatur sendiri jumlah klik yang ingin dibeli, dan memaksimalkan sebaik mungkin hasil iklan dengan pendapatan produk yang sedang diklankan. Sudah semestinya (dimanapun) pengeluaran biaya iklan harus berbanding lurus dengan pendapatan dari iklan tersebut. Pelajari dengan baik optimasi yang bisa dilakukan, sehingga performa usaha Anda juga tidak terganggu.

Kualitas klik akan sangat dipengaruhi oleh orang yang melihat iklan. Orang yang dalam kesehariannya banyak menghabiskan waktu di Facebook akan banyak menghasilkan tayangan iklan, dan rata-rata mereka tidak akan tertarik dengan iklan-iklan tersebut karena sudah terlanjur melihatnya sepanjang waktu.

Cermati pula kondisi, dimana setiap perusahaan pemilik lahan iklan akan selalu memberi penawaran menggiurkan, jadi alangkah baiknya untuk tidak membabi buta.

5. Melacak Hasil

Seperti halnya dengan jenis pemasaran yang lain, iklan di facebook juga harus diukur dengan ROI. Namun sayangnya Facebook belum menyediakan Tool yang pas untuk memperlihatkan iklan apa saja yang berhasil ditayangkan dengan baik. Seperti jenis lain pemasaran, iklan di Facebook harus diukur dengan ROI.

Solusinya, buatlah bagan ukuran sederhana dari mulai pengeluaran biaya iklan, hingga hasil dari penelpon atau pemesan produk Anda. Kemudian lakukan penghitungan dengan lebih baik lagi.

Salam kreatif.

3 Comments

  • Marketing Mobile untuk Bisnis KecilAlurkria

    August 20, 2013 at 1:43 pm

    […] atau iklan pencarian mobile, yang terpisah dari situs. Seperti; Iklan Mobile melalui Google, Facebook dan Twitter atau […]

    Reply
  • gudang baju raisa

    January 15, 2014 at 3:03 am

    baju murah online

    Reply
  • Iklan facebook

    January 8, 2015 at 2:18 pm

    makasih infonya

    Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *